tugas pa robby

Nama : MUHAMMAD Faris Gaffar
NPM : 24116821
KELAS : 3KB04




Pre-test Komunikasi Serial :
Apa yang mendasari komunikasi serial digunakan dalam proses pengiriman data, jelaskan!
Berikan contoh perangkat yang dapat dihubungkan ke port serial!


Jawaban Pre-test Komunikasi Serial :
Berikut merupakan beberapa faktor yang menyebabkan komunikasi serial digunakan dalam proses pengiriman data :
Kabel untuk komunikasi serial bisa lebih panjang dibandingkan dengan parallel.
Jumlah kabel serial lebih sedikit.
Hanya membutuhkan satu jalur dan kabel yang sedikit dibandingkan dengan komunikasi parallel.
Lebih efektif dibandingkan transmisi data parallel dal komunikasi jarak jauh. Trasnmisi parallel diperluka 8 kali lipat kebutuhan kabel.

Piranti-piranti yang menggunakan komunikasi serial meliputi:
DTE = Data Terminal Equipment, yaitu komputer itu sendiri;
DCE = Data Communication Equipment, misalnya modem, plotter dan lain-lain. Beberapa contoh perangkat yang dapat dihubungkan ke port serial adalah sebagai berikut:
Keyboard
Mouse
Printer
Modem
Monitor, dan sebagainya.


Post-test Komunikasi Serial :
Jelaskan bagaimana cara kerja dari komunikasi serial!
Jelaskan keuntungan dan kerugian dari komunikasi serial!


Jawaban Post-test Komunikasi Serial :

Komunikasi data secara serial dilakukan dengan metode pengiriman data secara bit per bit atau satu per satu secara berurutan dan itu berbeda dengan sistem paralel yang mengirim data secara serentak. kecepatan transfer data RS232 cukup rendah,kecepatan maksimal hanya 19200 bits/sekon. Pengiriman data bisa dilakukan secara satu arah atau dua arah. Jika Anda hanya membutuhkan komunikasi satu arah maka Anda cukup menggunakan dua kabel yaitu kabel “TX” sebagai pengirim data dan kabel “Rx” sebagai penerima data. Sedangkan, untuk membuat sistem komunikasi dua arah maka kabel yang Anda butuhkan adalah 3 unit kabel, yaitu: kabel Tx, Rx dan GND (ground).

Berikut adalah keuntungan serta kerugian dari komunikasi serial :
Keuntungan :
Kabel untuk komunikasi serial bisa lebih panjang dibandingkan dengan parallel, data-data dalam komunikasi serial dikirim-kan untuk logika '1' sebagai tegangan -3 s/d -25 volt dan untuk logika '0' sebagai tegangan +3 s/d +25 volt, dengan demikian tegangan dalam komunikasi serial memiliki ayunan tegangan maksimum 50 volt, sedangkan pada komunikasi paralel hanya 5 volt. Hal ini menyebabkan gangguan pada kabel-kabel panjang lebih mudah diatasi dibandingkan pada parallel.
Jumlah kabel serial lebih sedikit, Anda bisa menghubungkan dua perangkat komputer yang berjauhan dengan hanya 3 kabel untuk konfigurasi null modem, yaitu TXD (saluran kirim), RXD (saluran terima) dan Ground, bayangkan jika digunakan teknik paralel akan terdapat 20 – 25 kabel! Namun pada masing-masing komputer dengan komunikasi serial harus dibayar "biaya" antarmuka serial yang agak lebih mahal.
Banyaknya piranti saat ini (palmtop, organizer, hand-phone dan lainlain) menggunakan teknologi infra merah untuk komunikasi data; dalam hal ini pengiriman datanya dilakukan secara serial. IrDA-1 (spesifikasi infra merah pertama) mampu mengirimkan data dengan laju 115,2 kbps dan Konsep Komunikasi Serial 2 dibantu dengan piranti UART, hanya panjang pulsa berkurang menjadi 3/16 dari standar RS-232 untuk menghemat daya.
Untuk teknologi embedded system, banyak mikrokontroler yang dilengkapi dengan komunikasi serial (baik seri RISC maupun CISC) atau Serial Communication Interface (SCI); dengan adanya SCI yang terpadu pada 1C mikrokontroler akan mengurangi jumlah pin keluaran, sehingga hanya dibutuhkan 2 pin utama TxD dan RxD (di luar acuan ground).

Kerugian :
Port serial jauh lebih lambat daripada port parallel
Port serial terkesan lebih rumit daripada port parallel
Dari Segi perangkat keras: adanya proses konversi data pararel menjadi serial atau sebaliknya menggunakan piranti tambahan yang disebut UART (Universal Asynchronous Receiver/Transmitter).
Dari Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.

Comments

Popular Posts